Saturday, March 16, 2013

Tulisan Bahasa Indonesia 2 # ke -2


Kuliah sambil kerja ? Ga masalah !!!
1.      Pendahuluan
Kuliah sambil kerja itulah yang saya jalani saat ini. Saya menjalankan kedua hal itu
karena saya memang ingin kuliah. Dan kuliah itu sangat penting bagi saya, mungkin
bagi anda juga penting. Dan yang satunya lagi adalah kerja. Walaupun kuliah
penting, namun kerja pun juga penting. Karena dengan bekerja saya bisa membantu
uang kuliah yang diberikan orang tua. Sehingga dapat meringankan beban mereka.
2.      Isi
Mahasiswa yang bekerja biasanya hanya menjadi pekerja paruh waktu, sehingga terkadang masih dapat menyelesaikan studinya tepat waktu. Tetapi, para pegawai yang kuliah, biasanya akan kesulitan memperoleh gelar dalam waktu studi normal.
Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah sambil kerja.

- Apakah saya dapat menyeimbangkan kewajiban akademis, pekerjaan, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya?
- Apakah saya memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik?
- Apa kebiasaan belajar saya?
- Bagaimana mengorganisasikan diri saya?
Sangat penting untuk menimbang pro dan kontra sebelum memilih bekerja sambil sekolah. Dan  harus memahami pengorbanan yang harus dibuat, dan berhati-hatilah agar tidak membuat jadwal kuliah bersamaan dengan waktu kerja. 
1.      Penutup
Kesimpulan
Memahami bahwa mencari uang itu sulit, maka tidak sedikit orang yang berupaya untuk bekerja walau status masih sebagai mahasiswa. Biaya kuliah yang tidak sedikit mengharuskanuntuk setidaknya menghasilkan uang demi membayar biaya pendidikan. Bagi yang ekonominya sulit, kuliah sambil kerja tentu sudah menjadi satu keharusan. Bila tidak dijalani, aktifitas perkuliahan bisa saja terbengkalai. Namun keputusan untuk kuliah sambil kerja sebenarnya memang beresiko.
Saran
Menurut saya, kuliah sambil kerja atau sebaliknya, harus pandai pintar mengatur waktu. Waktu istirahat jauh berkurang oleh dua kegiatan ini. Begitu datang dari bekerja, sudah harus bersiap-siap berangkat ke kampus. Setelah keluar dari kampus, mesti mengerjakan tugas membuat makalah dan presentasi yang harus dikumpulkan keesokan harinya. Berat memang. Tapi, kalau dijalani dengan tekun dan penuh komitmen, so pasti bisa. Kedisiplinan dan kepiawaian membagi waktu adalah kuncinya.
Kedua, berani bekerja keras. Waktu yang tersedia nyaris habis untuk kedua kegiatan ini. Pertanyaannya: relakah kita menjalani semua itu tanpa mengeluh? Kalau siap, monggo. Jika tidak siap untuk bekerja keras dan di bawah tekanan waktu, sebaiknya urungkan saja daripada berhenti di tengah jalan. Seharusnya tidak sampai salah satu dari keduanya dikorbankan. Yang dikorbankan adalah waktu kita. Waktu yang tadinya untuk istirahat, kini tersita untuk belajar.
Belajarlah dengan sungguh-sungguh. Perkuat tekad untuk menjadi mahasiswa yang baik dan berhasil. Ikuti proses pendidikan sebagaimana seharusnya, jauhi pola-pola instant. Jangan pernah membohongi diri sendiri dengan sekadar berburu embel-embel gelar sarjana.Berjuanglah menjadi sarjana yang bisa mempertanggungjawabkan kesarjanaan kelak (walaupun kita tahu banyak hal yang belum kita pelajari).
Manfaat yang bisa dipetik dari keberhasilan kuliah sambil kerja adalah ini: cermat membagi waktu (menghargai waktu), disiplin dalam mengerjakan tugas, ilmu bertambah dalam dan luas, menemukan korelasi antara praktik dengan teori, pergaulan bertambah luas, (dengan harapan) karier yang membaik, serta rejeki kian bertambah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.